GUIDE TO PERFECT CONTOUR

By Unknown - August 22, 2018







HOW TO PERFECT CONTOUR


Kali ini naomi akan mengajak kalian belajar mengenai segala macam contour lebih dalam. Pengertian contour sendiri adalah teknik pengaplikasian makeup untuk mempertegas struktur wajah dengan trik bayangan untuk menutupi kelebihan (karena aku ngga suka pakai kata kekurangan lol) yang kita miliki di wajah kita. Seperti kelebihan di area pipi, hidung, dagu dan dahi. Contour tidak hanya digunakan di area wajah saja, area tubuh juga dapat menggunakan contour ini. Banyak sekali celebrity yang sudah menggunakan trik contour ini. Kita kesampingkan dulu tentang contour tubuh karena sekarang aku mau bahas tentang contour wajah.

Semua yang dicakup oleh contour adalah Shading, Highlight, Strobing dan Blush.
Untuk lebih jelasnya lagi mari kita bahas satu persatu.



TECHNIQUE


CONTOUR - SHADING

Shading contour memiliki banyak tipe seperti shading dalam, shading luar dan bronzer dengan warna cenderung gelap berfungsi sebagai pembuat bayangan. Shading dalam itu berbentuk cream dan shading luar berbentuk powder. Shading luar dan dalam memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan bronzer karena bronzer lebih sering digunakan untuk makeup natural yang memberikan efek sun-kissed. Pembeda yang lebih signifikan lagi adalah bronzer kebanyakan mengandung shimmer.









CONTOUR - HIGHLIGHTING


Lalu ada yang kedua ada contour highlight. Dalam contour highlight yang dimaksud bukanlah highlight yang mengandung shimmer seperti mengkilat. Highlight disini dapat didefinisikan sebagai sisi terang dari sebuah bayangan. Sama seperti shading, highlight juga berbentuk cream, liquid dan powder. Concealer juga termasuk sebagai highlight karena highlight memiliki warna yang lebih terang dari base foundation yang kita pakai. 











CONTOUR - BLUSH


Contour blush yang kumaksudkan disini bukanlah hanya satu warna melainkan dua warna yang dimaksudkan sama seperti shading dan highlight. Blush berwarna lebih gelap dapat diaplikasikan di area paling dekat dengan garis shading dan blush berwarna lebih terang diaplikasikan di area mendekatli highlight diatas blush berwarna gelap. Blush juga memiliki bentuk cream dan powder, bahkan sekarang blush memiliki bentuk lain seperti cheek stain. Tapi stain biasanya dapat digunakan untuk bibir maupun pipi karena warnanya yang lebih natural.








CONTOUR - STROBING


Contour dalam bentuk strobing barulah yang selama ini kita kenal sebagai highlighter. Digunakan untuk menonjolkan area khusus biasanya yang tertinggi dari wajah kita seperti brow bone, cheek bone, hidung , cupids bow dan dagu. Strobing ini memiliki shimmer pada product nya dengan hasil mengkilat. Makeup dengan dewy finish tidak akan melewatkan strobing step ini karena strobing lah inti dari dewy makeup. Strobe berbentuk cream, liquid, powder dan pigment.






CONTOUR TYPES




Setiap wajah manusia tentunya tidak memiliki bentuk yang sama persis semua dengan cetakan yang sama. Maka dari itu menggunakan contour juga harus menyesuaikan dengan bentuk wajah orang tersebut. Untuk mempermudah dalam melakukan contour tentunya kita harus mengetahui bentuk wajah kita terlebih dahulu. Inilah tipe bentuk wajah dan cara pengaplikasian contour yang sesuai dengan bentuknya.








CONTOUR STEPS


1. Mulai dengan wajah yang sudah diaplikasikan 
dengan foundation.









2. Gunakan shading, yang aku gunakan disini adalah cream shading di area pipi, samping hidung, dahi dan jawline.








3. Gunakan Blush di bagian atas contour. Aku mengaplikasikan blush di daerah pipi, dagu dan hidung.










Terlihat jelas kan perbedaan yang sudah di blend dan belum?







4. Gunakan strobe didaerah tulang pipi, dahi , brow bone, dagu, hidung dan cupid bow.






Blend everything and you're done!

Here's The Video












  • Share:

You Might Also Like

0 comments